Aneka bahan yang bisa digunakan untuk memutihkan wajah secara alami Memiliki wajah yang putih merupakan idaman bagi setiap wanita, bahkan sebagian pria pun menginginkan memiliki wajah yang putih. Banyak beredar produk yang menggunakan berbagai bahan kimia untuk membuat wajah putih secara instan, inilah yang sangat berbahaya bagi kulit wajah nantinya. Namun tidak perlu khawatir, ada berbagai aneka bahan herbal yang dapat kamu temukan untuk dapat memutihkan wajah secara alami.

 

Cara memutihkan wajah

Inilah aneka bahan untuk memutihkan wajah secara alami

  1. Masker Tomat

Tomat menjadi salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan wajah secara alami, tomat menjadi salah satu buah yang memiliki lycopene tertinggi. Lycopene adalah pigment merah pada buah tomat yang sudah matang yang berfungsi sebagai antoksiden yang baik. Serta Vitamin C yang terkandung dalam tomat juga sangat bagus untuk kecantikan wajah kamu.

 

Cara menggunakan masker tomat, pertama haluskan terlebih dahulu buah tomat dengan blender dan berikan sedikit campuran air jeruk nipis. Sebelum menggunakan masker tomat ini, jangan lupa untuk membersihkan wajah kamu terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan buah tomat yang sudah diblender tadi ke wajah dan leher kamu secara merata. Tunggu 10 menit hingga masker tomat meresap, kemudian bersihkan wajah anda dengan air. Gunakan cara ini sebelum tidur setiap malamnya.

 

  1. Menggunakan Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan berbagai vitamin, terutama kandungan Vitamin C yang tinggi yang sangat bagus untuk wajah, selain itu jeruk nipis memiliki antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas.

Cara penggunaannya cukup mudah, pertama siapkan terlebih dahulu satu buah jeruk nipis dan satu buah telur ayam. Kemudian peraslah air jeruk nipis tersebut dan campurkan dengan putih telur yang sudah dipisahkan dengan kuning telurnya. Setelah itu oleskan ke wajah kamu secara merata dan biarkan selama lebih kurang 20 menit. Terakhir bilas dengan air hangat hingga wajah kamu bersih kembali.

 

  1. Minyak Zaitun

Sudah banyak orang menggunakan minyak zaitun sebagai salah satu bahan untuk kecantikan bahkan semenjak zaman romawi kuno. Minyak zaitun bisa digunakan untuk melembabkan kulit, membersihkan bekas make up, menghilangkan flek hitam, serta mengangkat sel-sel kulit mati di wajah kamu.

Untuk penggunaannya sangat mudah, cukup campurkan minyak zaitun dengan sedikit gula pasir lalu oleskan ke wajah kamu secara merata, kemudian lakukan gerakan memutar di wajah kamu kira-kira selama 5 menit, namun hati-hati jika kamu masih memakai lensa kontak, karena bisa jadi mengendap di lensa kontak kamu. Kamu bisa menggunakan cara ini tiga kali sehari.

 

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya yang juga dikenal sebagai aloe vera ini sudah diketahui memilki banyak manfaat sejak ribuan tahun yang lalu, bukan hanya untuk rambut, namun juga sangat berguna untuk kecantikan kulit wajah.

Penggunaan lidah buaya ini sangat mudah, pertama potong lidah buaya kemudian oleskan lendir dari lidah buaya tersebut ke wajah, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan terus cara ini secara rutin setiap pagi dan sore hari.

 

  1. Menggunakan Pepaya

Banyak perawatan kecantikan diluar sana yang menggunakan pepaya untuk kecantikan, bahkan untuk memutihkan kulit. Kandungan dalam buah pepaya terdapat sifat pemutih alami dan berbagai nutrisi yang bisa membuat kulit kamu bersih dan sehat.

Cara penggunaannya,

  1. Dengan memakannya, memakan buah pepaya secara teeratur dapat membersihkan kulit yang kusam karena pepaya memiliki sifat pembesih alami.
  2. Menggosok dengan bagian dalam kulit pepaya ke wajah, tunggu hingga mengering lalu bilas dan keringkan, lakukan cara ini secara rutin setiap hari.
  3. Masker pepaya, pertama campurkan pepaya dengan satu cangkir air jeruk segar, kemudian dihancurkan hingga seperti pasta. Setelah itu oleskan ke seluruh wajah dan pijat dengan lembut. Diamkan selama 30 menit lalu bias dengan air bersih.

 

  1. Menggunakan Madu

Manfaat madu memang sangat banyak, penggunaan diluar dan didalam tubuh banyak dilakukan orang-orang, seperti obat batuk, meningkatkan stamina, meringankan asma, memutihkan kulit dan juga sebagai pelembab alami. Madu juga dapat mengobati dan menghilangkan jerawat karena madu memiliki sifat anti bakteri. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam madu juga dapat membantu memperlambat penuaan serta dapat menghilangkan bintik hitam di wajah.

Cara penggunaan, kamu bisa langsung mengoleskan madu murni ke wajah, lalu diamkan selamat beberapa menit dan bilas dengan air hangat. Dengan cara ini dapat membantu kamu menghilangkan sel-sel kulit mati, dan membuat wajah cerah dan lebih segar. Sebaiknya lakukan cara ini sekali sehari. Jika kamu mau, madu juga bisa dibuat masker, pertama campurkan 1 sendok teh madu, jeruk nipis, susu bubuk dan 1½ sendok the minyak almond. Kemudian aduk rata dan oleskan ke wajah kamu secara merata disertai dengan pijatan lembut. Tunggu selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

 

  1. Memutihkan wajah dengan bengkoang

Memutihkan wajah dengan bengkoang sudah banyak dilakukan oleh para wanita, bahkan produk dengan menggunakan bengkoang sudah banyak beredar di pasaran. Bengkoang yang mengandung Vitamin B dan C sangat bagus untuk menghilangkan noda hitam pada wajah.

Cara menggunakannya, siapkan buah bengkoang lalu kupas dan bersihkan hingga bersih. Parutlah buah bengkoang, kemudian diperas dan ambillah sarinya. Hasil dari perasan bengkoang tadi ditaruh dalam wadah, sebaiknya gunakan wadah bening, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit akan terlihat endapan putih, lalu gunakanlah endapan tersebut sebagai masker di wajah, tunggu beberapa menit hingga mengering, setelah itu bilas wajah kamu hingga bersih.

 

  1. Menggunaan Yogurt

Yogurt kaya akan asam laktat dan mempunyai sifat pemutih yang membuat hyper-pigmentasi kulit menekan produksi melanin. Alpha Hydroxy Acids yang terdapat dalam asam laktat berfungsi untuk membershkan dan mengangkat sel kulit serta juga dapat mencerahkan wajah.

Cara menggunakannyapun cukup mudah, belilah Yoghurt yang polos tanpa rasa, tuangkan Yoghurt ke wadah, kemudian oleskan secara merata diwajah anda. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Gunakan setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

 

  1. Menggunakan Susu

Susu adalah minuman yang kaya akan kalsium. Susu juga memiliki fungsi untuk mengatur warna kulit. Susu bekerja untuk merangsang melanosit, yaitu sel kulit yang menghasilan pigmen melanin. Mengkonsumsi susu secara teratur dapat membantu mempertahankan hilangnya kelembaban kulit. Ini dapat mencegah kulit kering yang mempengaruhi warna kulit menjadi gelap. Sama seperti Yoghut, susu juga mengandung asam laktat yang dapat mengurangi pigmentasi kulit.

Cara penggunaan, siapkan susu sapi yang hangat semangkuk dan kain lap bersih. Kemudian kamu rendam kain lap tersebut ke dalam susu. Setelah itu ambil dan peras, gosokkan kain hasil rendaman tersebut secara lembut ke kulit, ulangi terus menerus sampai 5 kali. Jika kamu rutin dalam melakukannya, maka dalam beberapa minggu akan terlihat hasilnya.

 

  1. Menggunakan Timun

Siapa kira jika timun juga bisa memutihkan kulit, dengan timun membuat kulit kamu lebih bercahaya.

Caranya

  1. Iris timun terlebih dahulu, kemudian taruh irisan tersebut ke daerah yang gelap diwajah kamu. Biarkan beberapa menit lalu bilas dengan air hangat, lakukan secara rutin dua kali sehari.
  2. Membuat masker

Pertama diparut dulu timunnya, lalu dicampurkan dengan madu. Setelah itu oleskan ke wajah dan biarkan selama 20 menit hingga masker mengering. Dan apabila sudah mengering cuci dengan air, gunakan hal ini sekali sehari.

 

  1. Menggunakan tepung beras

Dalam beras, terdapat kandungan Para Aminobenzoic Acid yaitu tabir surya alami, yang dapat meningkatkan kadar vitamin C dalam kulit. Selain itu asam ferulic, anti oksidan, vitamin E dan C juga terkandung dalam beras. Semua kandungan dalam beras ini sangat penting untuk hydrating dan melindungi kulit dari berbagai racun berbahaya.

Cara penggunaan, pertama agar aman dan terjaga, lebih baik kamu sendiri yang membuat tepung berasnya, cukup giling ½ gelas beras, setelah beras telah menjadi bubuk kamu dapat mencampurkan dengan susu dan air hangat. Oleskan secara merata diwajah dan diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Sebaiknya ulangi 2-3 minggu sekali untuk hasil maksimal.

  1. Menggunakan Kentang

Sifat pemutih alami dan vitamin C juga banyak terkandung dalam kentang. Kentang dapat mencerahkan kulit dengan mengangkat se kulit mati dan mengurangi produksi melanin secara berlebihan.

Caranya cukup mudah, pertama kupas kulit kentang dengan bersih dan iris kecil. Kemudian di blender dengan tambahan air secukupnya, blender jangan sampai encer. Lalu mulailah dioleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas. Lakukan terus selama 2 kali seminggu.

 

  1. Menggunakan Jeruk

Jeruk merupakan buah yang paling sering kita jumpai, bukan hanya untuk dikonsumsi, untuk perawatan wajah pun sangat bagus. Dengan mengkonsumsi jeruk secara teratur dapat menjaga kesehatan serta keseluruhan tekstur kulit. Karena jeruk mengandung vitamin C dan  pemutih alami yang sangat bagus untuk memutihkan kulit.

Cara penggunaannya, pertama siapkan jeruk dan bubuk kunyit, peras jeruk dan ambil 1 sdm air perasan tersebut, lalu campurkan dan buatlah seperti pasta. Oleskan secara merata keseluruh wajah. lalu diamkan semalaman, dan bilas besoknya saat bangun tidur dengan air bersih.

 

Itulah beberapa aneka bahan yang dapat kamu gunakan untuk memutihkan wajah secara alami, pilihlah bahan-bahan yang sekiranya cocok dengan kulit wajah kamu. Lakukan secara rutin hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Jika terjadi iritasi atau efek samping mohon untuk segera hentikan pemakaian.